Senin, 06 April 2015

Mistik Di Balik Keindahan Gunung Slamet



https://semarkuncung.blogspot.com
jalur pendakian gunung slamet



Pasar siluman dan gagak hitam , gunung slamet tampak indah dan kokoh dengan di kelilingi lima kabupaten Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Pekalongan, Brebes, dan Tegal. Banyak pendaki yang ingin menaklukannya banyak yang berhasil tak kalah banyak pula yang tersesat dan hilang tanpa pernah di temukan masih hidup atau sudah meninggal, karena jasadnya pun tak pernah di temukan.

https://semarkuncung.blogspot.com
batu raden

Masyarakat banyak yang meyakini adanya sebuah tempat yang di namakan pasar siluman di wilayah pendakian gunung slamet. Pasar siluman adalah sebuah pasar gaib yang berada di beberapa tempat terutama di lereng gunung gunung yang di anggap keramat, contoh ,Gunung Merapi, oro oro ombo gunung bromo, dan lain lain. Konon tempat yang di kenal sebagai pasar gaib ini tidak sembarang orang dapat melihat  bahkan  jika di lihat dengan mata biasa, hanya akan terlihat semak belukar atau bebatuan. Namun jika di lihat dengan mata batin  akan terlihat sangat ramai tak ubahnya dengan pasar yang kirta lihat nyata. Namun, ini merupakan pasar gaib atau pasar siluman.

Tidak sedikit para pelaku pendaki atau pun para petualang dan pelaku ritual yang bias dan menemui pasar siluman di gunung slamet ini. Sehingga cerita tentang pasar siluman bukan hanya cerita dan mitos. Bagi masyarakat cerita tentang pasar siluman ini bukan lah asing lagi bagi masyarakat . banyak keanehan dan kejanggalan yang mereka temukan saat berada di tengah tengah aktifitas pasar siluman. Ketika ada seseorang yang sengaja atau tidak  masuk kedalam aktifitas pasar gaib ini, mereka seolah terhibnotis dan tak menyadari bahwa mereka di tuntun  makhluk halus gunung slamet.


Banyak kejadian yang beberapa kali ketika sorang pendaki terpisah dari rombongan , seolah olah menghilang tanpa jejakdan jarang yang bias di ketemukan lagi. Untuk para calon pendaki yang akan melakukan petualangan untuk menikmati keindahan panorama gunung slamet , di sarankan untuk selalu mematuhi petunjuk ,juru kunci .

Menyinggung hal soal pasar gaib atau pasar siluman tentunya tidak lepas dari cerita mistis dan kegaiban di gunung slamet. Seperti yang pernah di alami oleh beberapa teman pendaki ini.  ada teman pendaki  dengan nekat berjualan sate gagak di lereng gunung slmet yang terkenal dengan pasar gaibnya. Dan dia berjualan di tengah tengah pasar siluman gunung slamet ini karena penasaran dan ingin membuktikan ini cerita atau hanya sebuah mitos.

Sebelum dia melakukan ritual, dia membersihkan diri  dulu. Yang perlu dia siapkan sarana dan alat alat untuk melakukan ritual. Salah satunya burung gagak cemani,. Burung gagak yang warnanya serba hitam dari bulu, darah, dagingnya pun hitam satu lagi jari kakinya pun harus empat . dan burung gagak ini pula yang dia gunakan untuk di jadikan sate untuk di jual di pasar siluman gunung slamet,  saat hari yang di tentukan dia berangkat melakukan pendakian dan dikira kira tempat pasar gaib itu berada dia menggelar dagangannya, yaitu sate gagak yang konon sangat di sukai para makhluk halus itu.

Tempat yang tadinya sangat sepi dan sunyi  sekarang tiba tiba menjadi sangat ramai dan bising dan dia mulai menawarkan dagangan sate yang sudah di poersiapkan sedari awal. Selanjutnya ada peristiwa yan tidak masuk di akal, yaitu ketika di tengah tengah dia berjualan sate dia terkesima seakan akan  telah masuk alam bawah sadar dan dia melihat makhluk makhluk yang saling lalu lalang persis seperti pasar ada umumnya. Dia merasa kaget tempat yang pada awalnya hanya belukar dan semak kini berubah menjadi sebuah pasar yang sangat ramai.

https://semarkuncung.blogspot.com
ritual

Dan tiba tiba ada seseoirang yang menghampirinya untuk membeli sate gagak jualanya tiba tiba saja lidahnya menjadi kelu dan tak sanggup untuk berkata kata dan sulit untuk menjawab hingga orang yang menghampirinya itu menghilang , dan bersamaan dengan hilangnya makhluk yang menghampirinya itu keadaan menjadi sepertri semula lagi semak belukar , dan pasar yang tadinya sangat ramai ikut menghilang pula hingga dia tak mendapatkan apa apa..konon andai orang yang berjualan sate gagak di pasar siluman , duit yang buat alat untuk membayar bias di gunakan kita untuk berbelanja dan unang itu akan kembali , sebanyak apapun yang kita beli uang itu akan kembali untuh. Mungkin inilah yang di sebut ngalap uang siluman…NEX .. STORY’S
bersambung …

Tidak ada komentar :

Posting Komentar